Dasar - Dasar Digital Marketing untuk Pemula | Bali Digital Course
digital-marketing-post

Dasar – Dasar Digital Marketing untuk Pemula

 

Bali Digital Course — Para pengusaha UMKM sampai dengan Pengusaha besar sudah sejak beberapa tahun terakhir ini berfokus strategi pemasarannya ke digital (digital marketing). Bagaimana denganmu? Yuk simak artikelnya lebih lanjut.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah usaha pemasaran produk atau jasa dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet.

Mengapa kita perlu menggunakan strategi digital marketing?

  • Mampu meningkatkan omzet penjualan dengan lebih efektif
  • Dapat diterapkan untuk semua bidang usaha
  • Menjangkau target pasar lebih spesifik sekaligus lebih luas
  • Membantu membangun brand produk/usaha yang dimiliki dengan lebih cepat

Strategi Digital Marketing yang Efektif

Stategi dalam digital marketing sangat beragam. Ada yang tujuannya pengenalan produk, membangun brand, meningkatkan konversi dan lain sebagainya. Media digital yang dapat digunakan, diantaranya:

  1. Google My Business

Google My Business merupakan salah satu layanan milik Google yang berguna untuk menampilkan profil bisnis secara instan di halaman hasil pencarian Google. Data yang ditampilkan diantaranya; alamat, jam operasional, hingga rating bisnis. Google My Business sekaligus sebagai media promosi jika konsumen memberikan review terbaik terhadap produk/brand milik kamu.

  1. Whatsapp for Business

Aplikasi ini punya banyak fitur untuk menampilkan profil bisnis, katalog produk sampai fitur statistik pesan. Dengan menggunakan Whatssapp for Business akan dapat membantu kamu membalas pesan calon pembeli/kostumer melalui fitur automated messaging.

  1. Website

Website adalah display dari bisnis kamu di dunia maya/online. Sekaligus salah satu bukti keseriusan kamu dalam berbisnis.

  1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah salah satu strategi yang sering dipergunakan oleh pengusaha/pemilik brand untuk menempatkan website miliknya di halaman pertama dari search engine Google dengan kata kunci (keyword) tertentu. Secara umum terdapat dua cara yang dilakukan yaitu; SEO off page dan SEO on page.

  1. Email Marketing

Bisnis kamu akan tampak lebih profesional jika mempergunakan email dengan nama bisnis kamu. Misalnya contact@namabisnis.com ketimbang menggunakan alamat email biasa seperti namabisnis@gmail.com

Melalui email marketing, kamu dapat mengirimkan informasi terbaru terkait produk/jasa milik mu ke database pelanggan yang memang sebelumnya sudah mendaftar (subscription) untuk menerima update dari usaha/brand kamu.

  1. CopyWriting

Copywriting adalah teknik pembuatan tulisan yang menarik serta bersifat persuasif/mengajak pembacanya untuk kemudian membeli produk barang/jasa yang ditawarkan.

  1. Social Media Marketing

Strategi terakhir yang banyak diterapkan oleh para pebisnis UMKM adalah social media marketing. Strategi ini tidak bisa dilakukan asal-asalan. Perlu terlebih dahulu melakukan riset audiens, content creation, evaluasi melalui monitoring insight dari data pemasaran media sosial yang digunakan.

Belajar Digital Marketing bersama Bali Digital Course

Untuk membantu kamu belajar digital marketing dengan lebih mendalam, Bali Digital Course menyelenggarakan berbagai macam kursus offline terkait digital marketing. Silahkan cek websitenya di www.balidigitalcourse.com

Dapatkan juga info terbaru mengenai digital marketing insight melalui akun instagram @balidigitalcourse ya!

Baca juga: 7 Tips Membuat Iklan Facebook yang Menghasilkan Konversi

 

 

 

 

1280 774 Bali Digital Course

Leave a Reply